Senin, 28 Oktober 2013

[M.K Perencanaan Lanskap] Rekreasi Ekosistem Riparian Kawasan Situ Leutik IPB

     Setelah setengah semester ini, akhirnya selesai juga tugas nan super kece badai cetar membahana yang menyita banyak mood ini. Yaps, ini adalah tugas dari mata kuliah PERE alias Perencanaan Lanskap hehe.
     Tugas ini dikerjakan oleh saya (Jaka Lesmana Putra) dan Ari (Altrifianus Ari Akbar). Tapak yang akan kami rencanakan berada di Danau LSI, Situ Leutik, Institut Pertanian Bogor. Dimana kami membawa konsep Rekreasi Ekosistem Riparian.

Latar Belakang
     Kawasan Riparian merupakan daerah yang terbentuk akibat terdapatnya genangan air yang dipengaruhi oleh besarnya curah hujan, debit inlet, maupun banjir.
     Kawasan ini memiliki berbagai macam potensi yang dapat dikembangkan untuk berbagai kebutuhan seperti rekreasi, konservasi, kegiatan olahraga, ataupun kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan perairan. Namun kenyataannya kawasan ini tidak terawat dan terkesan tidak memiliki tujuan keberadaannya. Kondisi muka air yang keruh & semakin gencarnya pembangunan Kampus IPB menyebabkan keberadaan Situ ini semakin tidak nyata.
     Kondisi alam yang alami dan suasana yang menyenangkan dari Situ Leutik menjadi hal yang sangat potensial untuk dijadikan potensi dilaksanakannya kegiatan rekreasi. Selain itu kekayaan ekosistem riparian yang ingin dilestarikan juga dapat dijadikan nilai tambah untuk kegiatan rekreasi alam.

     Berikut adalah hasil yang telah kami lakukan dan sudah diperiksa & direvisi beberapa kali oleh kakak asisten super bawel, cerewet, & perfeksionis yang bernama Kak Ina Winiastuti Hutriani :p, yaitu poster Perencanaan Kawasan Situ Leutik sebagai Kawasan Rekreasi Ekosistem Riparian :


Berikut adalah Landscape Plan yang kami buat :
Ilustrasi
Kondisi Pedestrian & Deck 

Hehehe.. Begitulah kira-kira :D
Akhirnya stage 1 dari tantangan semester ini udah terlewati meskipun masih banyak stage-stage yang harus dilewati -__- hahaha.. Pokonya semangat aja deh buat semester ini, dibawa happy, enjoy, & whatever-lah pokonya semua pasti ada hikmahnya :) 
SEMANGAT!!! SEMANGAT!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar